Home / Story / Perjalanan Porsche, dari Tank Hingga Sport Car

Perjalanan Porsche, dari Tank Hingga Sport Car

Jika mendengar nama Porsche di belantara industri otomotif selalu mengingatkan publik pada mobil sport mewah. Perjalanan Porsche yang mengambil nama dari sang pendiri, Ferdinand Porsche, tak bisa dilepaskan dari sejarah Volkswagen. Karena Ia jugalah merupakan orang yang merancang mobil yang lebih dikenal dengan sebutan VW.

perjalanan porsche
pixabay.com

Perjalanan Porsche bisa ditilik dari mobil pertama Porsche yang dibuat pada tahun 1898 dan dinamakan Porsche P1, berpenggerak tenaga listrik, berbekal motor yang mampu mengeluarkan 3 daya kuda dengan berat maksimum hingga 130 kg dan mampu berjalan 35 km/jam dengan jarak tempuh 80 km. Tapi berdasarkan catatan sejarahm justru awal dari eksistensi dan kejayaan Porsche dimulai dari keberadaan Volkswagen.

Pada tahun 1931 Ferdinand Porsche mendirikan perusahaan otomotif setelah sukses berkerja sebagai insinyur kendaraan dari tahun 1800-an hingga 1931, termasuk saat Ia diangkat menjadi chief engineer oleh Mercedez Benz pada tahun 1920. Perusahaan bernama “Dr. Ing. h. c. F. Porsche GmbH” yang didirikan di Austria, tempat kelahirannya, dan masih merupakan anak perusahaan Volkswagen AG, akhirnya dipindahkan ke Stuttgart, Jerman pada tahun 1934. Lalu pemerintah Jerman kalau itu menugaskan perusahaan ini untuk memproduksi mobil rakyat dengan nama Volkswagen yang dikenal juga dengan sapaan VW. Bersama sang putra, Ferdinand Anton Ernst Porsche, mereka berdua mulai mengembangkan desain pertama VW. Dan lahirlah mobil Volkswagen Beetle.

Perang Dunia II juga menjadi catatan penting perjalanan Porsche. Kala itu Ferdinand terlibat dalam produksi kendaraan-kendaraan militer. Dari tank hingga penghancur tank dengan nama-nama yang lahir seperti Tiger I, Tiger II, Panzer VII Maus, dan Elefant. Ferfdinand Porsche sendiri tercatat bergabung dengan partai Nazi pada tahun 1937. Di akhir Perang Dunia II pabirk Porsche pun jatuh ke tangan Inggris pada tahun 1945, lalu Ferdinand dimasukkan ke bui karena dianggap terlibat kejahatan perang di Dijon, Perancis. Ferry, begitu putranya dipanggil, akhirnya memproduksi mobil sendiri karena merasa tidak menemukan mobil yang mengakomodir seleranya. Maka pada tahun 1948 lahirlah mobil Porsche pertama dengan nama Porsche 356 yang dirakit di Austria dan diproduksi massal oleh Porsche Konstruktionen GesmbH , perusahaan yang dididrikannya bersama  Louise Piëch, suami dari putri Ferdinand, Lousie.

perjalanan porsche
pixabay.com

Ferdinand Porsche dibebaskan pada tahun 1947, dan di tahun 1950 mengambil alih kempemimpinan perusahaan yang selama ini dipegang putranya hingga Ia wafat pada tahun 1951. Setelah itu perjalanan Porsche berlanjut pada tahun 1952 dengan dibangunnya pabrik baru. Lalu pada tahun 1963 lahirlah salah satu mobil sport legendaris, Porsche 911 yang meneruskan Porsche 356. Mobil yang awalnya dinamakan Porsche 901 dan berubah karena protes dari Perancis ini, hingga kinipun masih tetap diproduksi dengan penyempurnaan-penyempurnaan. Dari mesin dengan teknologi turbocharger hingga desain interiornya.

Perlu dicatat, bahwa perjalanan Porsche yang malang melintang di jagad otomotif, baik itu kategori mobil untuk konsumsi publik hingga mobil yang diikutsertkan untuik balap dan bidang industri seperti traktor, juga sudah memproduksi model SUV mewah dengan nama mengambil inspirasi dari sebutan lain harimau di Indonesia, Macan. Penjualan pertahun dari perusahaan otomotif inipun sudah menyentuh angka 200.000 per tahun.**MIND (press.porsche.com, biography.com, wikipedia.com)

Check Also

pesta perayaan

Pesta Paling Gila Sepanjang Sejarah Manusia

Sebuah pesta perayaan umumnya digelar dalam rangka menyambut sukacita atau memperingati hal-hal tertentu. Di sebuah pesta, …