Home / Story / Para Pendosa Korupsi yang Menggemparkan Dunia

Para Pendosa Korupsi yang Menggemparkan Dunia

Bila ditanya perihal koruptor terbesar yang pernah menggemparkan dunia, nama siapa yang akan terlintas di benak Anda? Tentu setiap orang mempunyai jawaban beragam. Media juga turut andil dan memberi pengaruh besar melalui pemberitaan kasus-kasus yang dilakukan pejabat tinggi suatu negara. Sehingga, sepak terjang para koruptor terbesar ini semakin diketahui khalayak.

Sebagai pendahuluan, setiap negara tentu memiliki permasalahannya sendiri, bahkan tidak jarang permasalahan tersebut berdampak kerugian. Salah satu yang biasa kita ketahui adalah tindakan korupsi. Dunia politik sulit dilepaskan dari stigma sebagai sarang para tikus kantor. Sama halnya dengan pemimpin di suatu negara, dimana mereka berlomba-lomba memperkaya diri lewat korupsi.

Sudah cukup banyak kasus korupsi yang terangkat ke permukaan. Para pelakunya tidak hanya berasal dari negara berkembang, melainkan juga berasal dari negara-negara maju. Lalu siapa saja para pendosa yang dimaksud? Berikut kami rangkum dalam lima koruptor terbesar yang pernah menggemparkan dunia.

Jayalalitha

koruptor terbesar
Prakashfotos

Namanya jarang diketahui publik. Namun ia diberi predikat koruptor terbesar di India. Jayalalitha adalah mantan Gubernur Tamil Nadu, India. Ia telah dinonaktifkan paska kasus korupsi yang menyentuh angka fantastis. Transaksi kasus aset tidak proporsional, penggelapan dana televisi serta penipuan impor batu bara senilai 70 juta dolar menjadikan dirinya sebagai orang terkorup di negeri Bollywood. Saat melancarkan aksinya, Jayalalitha dibantu rekan kerja di kabinet dan para birokrat.

Humberto Moreira

koruptor terbesar
Thequalified

Humberto Moreira sempat menjabat sebagai Gubernur Coahuila, Meksiko sebelum diberhentikan akibat kasus korupsi. Berkat dirinya, hutang negara meningkat nyaris di angka 3 miliar dolar. Bila dirupiahkan, nilainya setara dengan Rp. 362 triliun. Hal itu membuat negara mengalami krisis keuangan terburuk sepanjang sejarah. Akan tetapi, pengacara Humberto membantah bila kliennya terlibat korupsi. Bahkan ia meminta majalah Forbes mencabut nama Humberto dari daftar 10 orang terkorup di negeri yang dikenal dengan topi Sombrero tersebut. Ada-ada saja.

Teodoro Mbasogo

koruptor terbesar
Amanda Lucidon / White House

Kami rasa tidak banyak dari Anda pernah mendengar negara bernama Republik Guinea Khatulistiwa. Negara ini termasuk dalam salah satu negara termiskin di dunia. Anehnya, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo yang notabene memimpin Republik Guinea tersebut menjadi salah satu pejabat terkaya seantero jagat, diperkirakan mencapai 600 juta dolar atau setara Rp. 77 triliun. Ia sempat menyatakan perang terhadap korupsi, namun rupanya hal itu cuma akal bulus Mbasogo saja. Tidak kurang dari 500 juta dolar uang negara dirampas olehnya. Uang itu kemudian disetorkan ke rekening pribadinya di Riggs Bank, Amerika.

Pavlo Lazarenko

koruptor terbesar
Справедливість. Анна Безулик

Dari tanah Afrika, kita bergeser menuju negeri yang dikenal akan tragedi Chernobyl, Ukraina. Pavlo Larazenko adalah Perdana Menteri Ukraina dalam kurun waktu 1996-1997. Pada Agustus 2006, ia dijebloskan di sebuah penjara di Amerika Serikat lantaran kasus money laundring, penipuan dan pemerasan. Total uang yang dijarah olehnya berkisar di angka 200 juta dolar selama masa jabatannya.**GP

Check Also

kereta termewah

Orient Express, Kereta Mewah Tempo Dulu

Apakah Anda pernah mendengar salah satu kereta termewah bernama Orient Express? Berarti Anda merupakan penggemar …