Home / Story / Orient Express, Kereta Mewah Tempo Dulu

Orient Express, Kereta Mewah Tempo Dulu

Apakah Anda pernah mendengar salah satu kereta termewah bernama Orient Express? Berarti Anda merupakan penggemar novel misteri. Pasalnya, nama kereta ini dijadikan judul novel oleh Agatha Christie berjudul Murder on the Orient Express(1944). Meski kereta termewah itu diangkat ke sebuah karangan fiksi, sejatinya Orient Express benar-benar pernah ada dan sempat merajai industri kereta api di Eropa.

kereta termewah
Murdockcrc

Dahulu, Orient Express adalah kereta api kelas satu yang mengangkut penumpang jarak jauh, dan disebut-sebut sebagai layanan kereta termewah pada masa kejayaannya. Para penumpang yang ingin menggunakan jasa kereta tersebut harus rela merogoh kocek sangat dalam. Sehingga, banyak kalangan kelas menengah ke bawah sulit merasakan sensasi perjalanan antar kota di berbagai negara benua biru.

Orient Express dioperasikan oleh perusahaan asal Belgia bernama Compagnie Internationale des Wagons-Lits et des Grands Express Européens. Perusahaan yang didirikan oleh Georges Nagelmackers pada tahun 1872. Perjalanan pertama kereta api Orient Express dimulai pada 4 Oktober 1883, melayani rute perjalanan Paris-Strasbourg-Munich-Wina-Budapest-Bucarest-Giurgiu. Juni 1889, rute Paris menuju Istanbul resmi dibuka. Perjalanan tersebut ditempuh selama kurun waktu tiga hari.

Di era 30an, bisa disebut sebagai masa-masa kejayaan operasi kereta api Orient Express. Sedikitnya CIWL menyediakan tiga layanan paralel, yaitu Orient ExpressSimplon Orient Express dan Arlberg Orient Express. Layanan ini membentang melalui kota Zurich dan Innsbruck menuju Budapest, disertai reputasi yang baik dari segi kenyamanan dan kemewahan. Selain itu, kualitas makanan yang disajikan kepada penumpang di gerbong makan juga patut diacungi jempol.

kereta termewah
Simon Pielow

Salah satu keunikan dari kereta api Orient Express, gerbong yang dipasang berasal dari berbagai negara. Antara lain Perancis, Jerman, Austria, Hungaria dan Rumania. Tentunya dengan desain interior yang berbeda-beda. Disini para penumpang diperbolehkan memilih gerbong mana yang hendak dinaiki.

Namun, pada 1962 layanan Orient Express dan Arlberg Orient Express telah resmi dihentikan operasinya. Satu-satunya layanan tersisa adalah Simplon Orient Express. Itu pun dengan layanan yang mengalami perubahan, bahkan bisa dibilang lebih lambat. Disebut Direct Orient Express, dimana menjalankan kereta api dari Paris menuju kota Beograd(harian) dan Paris menuju Istanbul/Athena (dua kali dalam seminggu). 15 tahun berselang, tepatnya pada 19 Mei 1977, layanan Direct Orient Express ditutup sepenuhnya.

Orient Express regular merupakan turunan langsung dari Orient Express pertama di tahun 1883 juga mempunyai rute yang nyaris sama, terus beroperasi antara satu rute dan lainnya. Sebelum akhirnya berhenti beroperasi di Desember 2009. Saat ini, bila penumpang masih ingin merasakan sensasi berada di dalam Orient Express, bisa memesan Venice Simplon Orient Expressdengan rute London-Paris-Venezia (round trip). **GP

Check Also

kostum seram halloween

Kostum Seram Dibalik Sejarah Panjang Halloween

Kostum seram halloween ternyata memiliki sejarah panjang seperti perayaannya itu sendiri. Halloween atau Hallowe’en merupakan akronim dari All …