Home / Story / Bruce Lee Sang Legenda Penuh Misteri

Bruce Lee Sang Legenda Penuh Misteri

Siapa tak kenal Bruce Lee sang legenda? Aktor film sekaligus ahli bela diri yang sudah menjadi ikon budaya. Lahir 27 November 1940 di San Francisco, California, Amerika Serikat, Bruce Lee tumbuh besar di Hong Kong sejak 1941. Bakat aktingnya sudah terlihat sejak ia masik kanak-kanak. Tak kurang dari 20 film produksi Cina sudah melibatkan dirinya sebagai aktor anak. Bahkan Ia pertama kali tampil dalam film di usia masih 3 bulan.

Bruce Lee sang legenda
wikipedia

Sejak kecil Bruce Lee yang terlahir dengan nama Lee Jun Fan juga sudah mempelajari bela diri dan seni tari. Nama Bruce ia dapatkan dari suster di rumah sakit saat kelahiran dirinya. Di masa remajanya Bruce yang sebenarnya juga mengalir darah Cina-Jerman dari ibunya, sempat bergabung dengan gank jalanan. Bruce Lee sang legenda berlatih beladiri juga untuk mengatasi ketakutan karena seringnya dihina di pada perkelahian. Tahun 1953, di usia 13 tahun, ia memutuskan untuk fokus memperdalam bela diri Gung Fu Wing Chun atau lebih dikenal dengan nama kung fu bersama san guru, guru besar Yip Man Wing Chun.

Di tahun 1959, Bruce Lee kembali ke negeri Paman Sam bersama keluarga. Di tanah liberal ini Bruce mengambil kuliah di University of Washington sambil membuka sekolah bela diri di Seattle. Dan pada masa itulah Ia bertemu Linda Emery yang akhirnya dipersunting sebagai istri pada 1964.

Setelah kelahiran Brandon Lee, pada 1965, Bruce beserta Linda dan anaknya itu memutuskan pindah ke California. Ia membuka dua sekolah bela diri, di Oakland dan Los Angeles. Bela diri yang diciptakannya, JKD (Jeet Kun Do) adalah hasil penelitian yang Ia lakukan dengan mengambil dasar ilmu fisika Newton dan prinsip olahraga anggar, serta boxing. Pada dasarnya, prinsip dari bela diri yang diciptakan Bruce Lee sang legenda ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. Sebagai info saja, ada tiga murid Bruce Lee yang pernah memenangkan World Karate Championship, yaitu Chuck Norris, Joe Lewis dan Mike Stone.

Bruce yang memiliki tinggi badan 168 cm dan berat 61 kg menunjukkan seni bela diri yang luar biasa. Pria yang sebenarnya berkacamata tebal dan memutuskan memakai soft lens ini , punya gerakan yang sangat cepat. Bayangkan saja, pukulan Bruce Lee memiliki kecepatan 1/500 detik dari jarak sekitar 1 meter dari target! Hal ini membuat para editor film harus memperlambat hasil film yang sudah ada agar penonton nantinya dapat melihat jelas gerakan-gerakannya. Sejalan dengan itu, bintang Bruce semakin bersinar dan masuk dalam dunia selebriti setelah suksesnya serial televisi The Green Hornet tahun 1966.

Kendala Ia temui, film-film yang sudah disepakati akan menjadikannya sebagai bintang utama dibatalkan karena faktor asumsi bahwa aktor Asia tidak menarik penonton. Setelah anak ke-2 nya, Shannon lahir di tahun 1969, Bruce Lee sang legenda membawa keluarganya kembali ke Hong Kong pada musim panas 1971.

Pada Akhir 1972 Bruce Lee sudah menjadi seorang aktor besar di Asia. Bersama Raymond Chow, Ia mendirikan perusahaan film sendiri yaitu Concord Productions dengan film produksi pertamanya, Return of The Dragon. Lalu, meskipun ia belum memperoleh ketenaran di Amerika, dengan keberaniannya memproduksi proyek film Hollywood, Enter the Dragon.

Tapi sungguh menyedihkan, hanya satu bulan sebelum ditayangkannya secara premier Enter the Dragon, tepatnya pada tanggl 20 Juli 1973, Bruce Lee ditemukan wafat. Banyak spekulasi beredar mengenai kematian aktor laga ini. Diantaranya adalah kabar yang menyatakan bahwa Bruce Lee sang legenda tewas karena berlebihan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Adapula yang mengabarkan bahwa Bruce dibunuh. Bahkan misteri kematiannya juga menurun pada anaknya, Brandon. Yang tewas saat syuting film The Crow, dimana Ia saat berakting tertembak peluru panas oleh senapan yang seharusnya kosong.**MIND (biography.com,wikipedia)

Check Also

coworking space

Coworking Space, Perjalanan Ruang Berkarya Alternatif

Coworking space belakangan menjadi idola baru bagi para mobile worker. Ruang kerja tidak tetap yang …