Home / Sport & Hobby / Sosok Franco Baresi, One Club Man Bagi AC Milan

Sosok Franco Baresi, One Club Man Bagi AC Milan

Istilah One Club Man merupakan sebutan bagi sosok pemain yang hanya bermain untuk satu klub selama karirnya sebagai pesepakbola profesional. Mereka yang dikenal dengan sebutan sosok pemain One Club Man ini memiliki loyalitas tanpa batas dan membayar kepercayaan yang diberikan klubnya. Hal itu dapat dilihat dari kontribusi yang diberikan kepada klub, seperti mendongkrak prestasi klub di kancah domestik maupun dalam ajang bergengsi di Eropa seperti Liga Champions.

One Club Man
wikimedia

Pemain dengan predikat One Club Man tak pernah sedikitpun berpikir untuk hengkang dari klub yang dibela meskipun tak sedikit tawaran datang dari klub besar dengan iming-iming gaji tinggi, klub tidak dapat berpartisipasi di Liga Champions, terkena degradasi bahkan dinyatakan bangkrut. Loyalitas, kesetiaan dan integritas jauh lebih penting bagi mereka.

Predikat One Club Man juga berlaku bagi salah seorang legenda AC Milan yang mendapat julukan piscinin atau “si kecil”. Siapa lagi kalau bukan, pemain bernomor punggung 6, Franco Baresi.

Franco Baresi sejatinya lahir dan dibesarkan di Travagliato, Italia dan bukan penduduk asli kota Milan. Namun namanya akan terus dikenang baik oleh tifosi AC Milan maupun timnas Italia. AC Milan merupakan satu-satunya klub yang dibela oleh lelaki kelahiran 8 Mei 48 tahun silam ini selama kurun waktu 20 tahun berkarir sebagai pemain sepakbola profesional.

Di Milan, ia tampil di 532 laga dan mencetak 16 gol di berbagai kompetisi. Baresi berhasil mempersembahkan enam gelar scudetto dan tiga tropi kejuaraan di kancah Eropa. Sebanyak enam penghargaan sebagai pemain individu juga didapatkan Baresi, salah satunya adalah award sebagai Pemain di abad ini.

Sayang prestasinya di timnas Italia tak berkilau layaknya ia bersama Milan. Penampilannya bersama Gli Azzurri hanya menghasilkan 81 caps dan mencetak satu gol. Meski demikian, Baresi berhasil memenangi tiga medali Piala Dunia antara lain Medali emas di Piala Dunia 1982, perak di Piala Dunia 1994 dan perunggu di Piala Dunia 1990.

Di tahun 1997, Baresi memutuskan pensiun dari dunia sepakbola setelah 20 tahun berkarir. Demi mengapresiasi jasa – jasanya di AC Milan, pihak klub memensiunkan nomor punggung 6 miliknya. Il Piscinin merupakan sosok pemain One Club Man yang akan tetap selalu ada di hati tifosi AC Milan serta timnas Italia.**GP

Check Also

kejayaan liga italia

Mengenang Kejayaan Serie A Italia era 90an

Kejayaan Liga Italia di era 90an menyimpan banyak cerita. Rasanya hanya generasi yang besar di …