Home / Sport & Hobby / Francesco Totti, Simbol Loyalitas dan Dedikasi

Francesco Totti, Simbol Loyalitas dan Dedikasi

Francesco Totti adalah simbol bagi sepakbola di kota Roma, Itali. Ia bukan lagi seorang “Prince of Rome” tapi sudah lebihndari itu, “King of Rome”. Loyalitas dan dedikasinya bermain untuk tim AS ROMA adalah contoh mengagumkan yang banyak membuat publik menangis saat pamitan di laga terakhir AS Roma melawan Genoa, 29 Mei 2017 yang berakhir dengan skor 3-2 untuk tuan rumah.

Francesco Totti
By Warrenfish

Hashtag #GracieTotti menjadi trending topic di hari itu. Hari di mana tokoh sepakbola yang sudah dianggap seperti raja Roma yang menyatukan rakyatnya. Tak kurang para ultras Lazio yang menjadi musuh bebuyutan sepanjang hayat juga hadir di satdion Olimpico untuk memberi penghormatan terakhir kepada pemain berjuluk Er Pupone itu.

Stadion di kota Roma itu menjadi saksi, sekitar 60.000 pasang mata yang memadati stadion tak mau beranjak hingga Totti benar-benar meninggalkan lapangan. Tak sedikit pula yang bergerai air mata melihat sang raja Roma itu berpamitan. Tak hanya penonton, para pemain AS Roma pun terbawa atmosfir kesedihan. Sang pelatih, Luciano Spalletti, rekan setimnya Del Rossi dan Radja Nainggolan serta pemain lain tampak sembab matanya karena tak bisa menahan haru.

Namanya dieluk-elukan saat Totti berjalan keliling stadion bersama Istri tercinta dan tiga anaknya. Sambil menggendong anak bungsunya Ia terus menyapa semua yang memanggil, bersorak ataupun meneriakinya di seputar stadion. Ya, 25 tahun pengabdiannya untuk kesebelasan ibu kota Itali itu berakhir sudah di musim ini. Kontraknya yang tak dperpanjang memaksa dia harus berpamitan dengan klub yang sangat dicintainya.

Dalam pidato perpisahannya Totti menyatakan kebanggaannya sebagai kelahiran Roma, “Lahir sebagai Roman dan Romanisti adalah suatu hal yang sangat istimewa. Dan dipercaya sebagai kapten tim ini adalah sebuah kehormatan bagiku. Kalian semua akan selalu ada dalam hidupku.”

Flickr.com/Erik Törner

Walau secara prestasi di Liga Itali, Totti hanya membawa sekali AS Roma  juara, tapi kesetiaan dan dedikasinya menjadi panutan tak hanya para pemain, tapi juga seluruh publik Roma. Tawaran-tawaran menggiurkan dari klub-klub kaya tak pernah digubrisnya. Karena Ia sungguh sadar, yang dibelanya bukanlah sekadar sebuah klub. Tapi juga rasa cinta rakyat terhadap rajanya, Francesco Totti. **

_______________________

FOLLOW US  facebook1  twitter1  instagram2

Check Also

kejayaan liga italia

Mengenang Kejayaan Serie A Italia era 90an

Kejayaan Liga Italia di era 90an menyimpan banyak cerita. Rasanya hanya generasi yang besar di …