Home / Sport & Hobby / Bela Diri Muay Thai, Dari Tradisi ke Bakar Lemak

Bela Diri Muay Thai, Dari Tradisi ke Bakar Lemak

SANDEE THAILAND/flickr.com
SANDEE THAILAND/flickr.com

Kalau ditanya soal bela diri apa yang saat ini paling digemari khalayak umum, tentu bela diri Muay Thai adalah salah satunya. Tinju Thai yag juga dikenal dengan nama Thai Boxing ini mendadak banyak menyedot peminat. Tak hanya pria tapi juga wanita, berbondong-bondong mengikuti pelatihan khusus seni bertarung yang berasal dari Thailand ini.

Di tanah air, Muay Thai menjelma menjadi tren olah kebugaran. Banyak khalayak yang tadinya tidak punya minta pada bela diri justru kini menjadi gandrung dengan olahraga ini. Selain untuk membekali diri dengan keahlian betarung, menjaga kebugaran ,memelihara kekuatan otot dan tentunya menurunkan berat badan serta menghilangkan stres, menjadi daya tarik dan pilihan disamping olahraga-olahraga lain seperti gymnastic, fitness, jogging dan lainnya. Sebuah penelitian mengungkapan bahwa Muay Thai sanggup membakar 1500 kalori jika dilakukan maksimal.

Sejarah keberadaan bela diri Muay Thai juga masih sering menjadi perdebatan. Pasalnya, sejarah bela diri tradisional Thailand ini menghilang bersamaan dengan pengeledahan pihak Burma (saat ini Myanmar) tehadap Ayudhya, ibukota Siam di Thailand di abad ke-14. Beberapa kalangan menyatakan bahwa seni bela diri ini telah ada selama lebih dari 2000 tahun. Olahraga yang juga merupakan olahraga nasional Kerajaan Thailand ini merupakan turunan dari bela diri kuno Muay Baron. Bahkan saat ini raja Thailand juga merupakan penggemar bela diri bersarung tangan ini. Dan ini membuat kepopuleran Thai Boxing melonjak jauh melebihi era-era sebelumnya.

Dietmar Temps/flickr.com
Dietmar Temps/flickr.com

“Seni Delapan Tungkai” begitulah olahraga ini juga banyak dikenal. Sebab apa? Karena teknik yang digunakan sarat dengan pemanfaatan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut, sehingga mengandung penggunaan delapan titik kontak. Ada sapaan khusus bagi pegiat bela diri Muay Thai. Untuk mereka yang berasal di Asia Tenggara biasa disebut nak Muay. Dan bagi mereka yang berasal dari Barat dan non-Asia Tenggara biasa disebut nak Muay farang yang punya arti “petinju asing”. Tak heran, kemasyhuran seni bela diri ini membuat di dunia pun banyak yang menyamakan dengan Kickboxing.

Pada Februari 2004 didirikanlah World Professional MuayThai Federation (WPMF), federasi dunia untuk para profesional Muay Thai. WPMF ini didirikan dengan maksud untuk mempromosikan dan mendukung aktifitas Muay Thai di seluruh dunia, termasuk penegakan tradisi, aturan dan peraturan. Tak ketinggan para amatir pun ikut berperan serta dengan mendirikan International Federation of Muaythai Amateur (IFMA) yang juga rajin menggelera kejuaraan dunia, dan banyak lagi organisasi-organisasi lain yang mendeklarasikan sebagai wadah dunia untuk para petarung tinju Thai ini.** MIND MIND (tigermuaythai.com, kombatgroup.com, wikipedia)

Check Also

Terence Crawford

Terence Crawford Siap Bersaing di Kelas Welter

Terence Crawford adalah juara dunia kelas welter junior yang tidak bisa dibantah lagi. Karena, petinju …