Home / Sex & Health / Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum dan sering menjadi momok mengerikan bagi kaum adam. Benarkah mengerikan? Ya. Rasanya cukup wajar, mengingat fungsi prostat sangat vital dan tidak bisa dikesampingkan dari kehidupan pria sehari-hari.

kanker prostat
pixabay.com

Prostat berupa kelenjar kecil yang terletak di bawah kandung kemih, dimana fungsinya memproduksi air mani. Siapa yang menyangka, bahwa beberapa kasus tertentu bisa membuat prostat terganggu dan menimbulkan sel-sel kanker. Hal ini bisa terjadi saat sel prostat bermutasi dan berkembang di luar kendali.

Seperti dikutip dari www.askmen.com, gejala yang timbul saat seseorang terkena kanker prostat sangat beragam. Mulai dari susah buang air kecil, rasa nyeri di bagian panggul hingga air kencing yang terhambat.

Sebenarnya, dengan usia seorang pria yang semakin bertambah maka makin meningkat pula risiko terkena kanker prostat. Belum ada metode ampuh yang secara 100% bisa mencegah penyakit ini sepenuhnya. Meski demikian, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengubah pola hidup dan mengonsumsi makanan sehat berpotensi besar menurunkan risiko terhadap penyakit tersebut.

Demi menghindari risiko terburuk dalam hidup, penting bagi Anda mengetahui langkah preventif agar jauh dari ancaman kanker prostat. Simak penjelasannya di bawah ini.

Kurangi kalori
Kurangi makanan yang banyak terkandung kalori di dalamnya. Di samping itu, lakukan olahraga lebih sering sehingga Anda dapat menjaga berat badan ideal. Sekedar informasi, pria yang mengalami masalah berat badan berlebih atau obesitas cenderung terkena penyakit berbahaya ini.

Kalsium yang pas
Anda bisa meningkatkan kalsium untuk menjaga kondisi prostat Anda. Tapi ingat, jangan lebih dari 1.500 mg asupan kalsium per hari.

Buah dan sayur
Buah dan sayur dipecaya menurunkan risiko gangguan prostat, lantaran kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Senyawa yang membantu tubuh menghancurkan zat karsinogen, yang memicu kanker.

Kurangi konsumsi suplemen
Hindari konsumsi suplemen vitamin yang berlebihan. Terlalu banyak vitamin dapat memicu pertumbuhan kanker. Jauh lebih baik mengonsumsi vitamin dan mineral yang terkandung di makanan.

Konsumsi makanan rendah lemak
Mengonsumsi makanan rendah lemak juga terbukti aman melalui suplemen minyak ikan Omega 3. Anda bisa menemukannya dengan mudah pada berbagai jenis ikan seperti sarden, tuna, makarel dan salmon. Khasiatnya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.**GP

Check Also

masturbasi berlebihan

Masturbasi Berlebihan? Begini Dampaknya

Kegiatan masturbasi sudah tidak asing dan lumrah saja bagi seorang pria, namun apa jadinya bila …