Home / Sex & Health / Bahaya Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

Bahaya Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

Kondisi cuaca panas membuat kebutuhan manusia terhadap asupan air menjadi lebih tinggi. Kondisi ini biasanya menyebabkan terjadinya dehidrasi atau kurangnya air dalam tubuh. Waspadai pula bahaya dehidrasi yang sering berdampak buruk bagi kesehatan.

dehidrasi male indonesia

Sebuah penelitian yang dilakukan Armstrong & Lieberman, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa dehidrasi ringan saja, sekitar 1,5% dari berat badan pria atau 1,3% dari berat badan wanita, sudah dapat menimbulkan gangguan-gangguan seperti mulut kering dan lengket, urin menurun, sembelit, mengantuk hingga gangguan kognitif seperti suasana hati. Dimana hal-hal ini sering ditemui dapat mengakibatkan meningkatnya kesalahan kerja dan mudah marah.

Memang bahaya dehidrasi ini sering tidak disadari. Mengabaikan kondisi kehausan di saat penguapan pada tubuh sedang tinggai atau meningkat, banyak berkeringat saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Tidak hanya itu, bahaya dehidrasi juga dapat menghampiri saat kondisi diare, muntah-muntah dan saat terjadi pendarahan. Maka sebaiknya segeralah minum air yang cukup agar air yang hilang karena penguapan pada tubuh dapat segera tergantikan.

Perlu disadari bahwa jika dehidrasi ringan terus berlanjut masuk ke tahap lanjutan yaitu tingkat sedang, hal ini akan menimbulkan rasa haus ynag luar biasa, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, demam, gejala berdebar, apatis, kekenyalan kulit turun, hingga kondisi lidah kering. Dan untuk dehidrasi yang lebih berat lagi, biasanya dapat berdampak syok, sangat berdebar, kulit dingin, pucat, dan kebiruan, serta mata cekung, kesadaran menurun, bahkan bisa terjadi koma.

Sebenarnya tubuh selalu berusaha menjaga agar terjadi keseimbangan air yang berada pada batas normal sehingga fungsi dan fisiologi tubuh berlangsung dengan optimal. Seperti diketahui, bahwa air di dalam tubuh punya banyak sekali kegunaan diantaranya untuk mengatur suhu tubuh, melindungi organ dan jaringan tubuh, membantu melarutkan mineral dan zat gizi lainnya, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung, pelumas sendi, hingga meringankan beban kerja ginjal dan hati. Maka bayangkan saja jika tubuh kekurangan air.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah datangnya bahaya dehidrasi?

  • Yang paling utama jelas minum banyak cairan dan makan makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Jika Anda berolahraga, jangan menunggu hingga Anda merasa haus, segera gantikan cairan tubuh yang hilang. Lalu dalam keadaan tertentu perlu untuk mengambil lebih banyak cairan dari biasanya.
  • Saat sakit mulailah memberikan tambahan air atau cairan rehidrasi oral pada tanda-tanda pertama penyakit – jangan menunggu sampai dehidrasi terjadi.
  • Akan sangat baik untuk memulai hidrasi sehari sebelum latihan fisik berat. Urin yang banyak dan berwarna cerah merupakan indikasi yang baik bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Sebelum berolahraga, minum 1 sampai 3 cangkir (0,24-0,70 liter) air.
  • Patutu dicatat, bahwa minum terlalu banyak tidak hanya dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan tetapi juga dapat menyebabkan kondisi fatal di mana natrium darah menjadi terlalu rendah (hiponatremia). Hal ini biasanya dapat terjadi ketika kita minum cairan lebih banyak daripada yang hilang melalui keringat.
  • Minumlah air tambahan dalam cuaca panas atau lembab untuk membantu terjadinya penurunan suhu tubuh dan untuk menggantikan cairan tubuhyang hilang melalui keringat. Jika dehidrasi datang di saat sedang berolahraga di cuaca panas, maka segeralah berpindah ke daerah yang teduh, berbaringlah, dan mulai minum.** MIND

Check Also

obat pcc

Daftar Obat Berbahaya Selain PCC

PCC merupakan singkatan dari paracetamol, caffeine, dan carisoprodol. Karena obat ini, masyarakat dibuat resah oleh …