Home / Men Scope / Perilaku Buruk ini Wajib Dihindari di Dunia Kerja

Perilaku Buruk ini Wajib Dihindari di Dunia Kerja

Dalam dunia pekerjaan, setiap karyawan harus memiliki perilaku kerja yang baik. Mengapa? Agar mendapatkan perhatian dari atasan. Tentu, perhatian yang bersifat positif. Di samping itu, perilaku kerja yang baik membuat Anda sebagai karyawan dihargai di perusahaan tempat Anda bekerja.

perilaku kerja
pixabay.com

Akan tetapi, ada juga karyawan yang mendapat perhatian khusus dari atasan. Bukan lantaran hal positif atau torehan prestasi, melainkan tabiat mereka sebagai biang onar, pembawa masalah serta beberapa kebiasaan buruk saat jam kerja. Para pria, Anda termasuk karyawan yang mana? Baik atau buruk?

Perlu Anda ketahui, perilaku kerja yang buruk bisa mengganggu eksistensi seseorang di suatu perusahaan. Bahkan berpotensi besar membuat karyawan tersebut dirumahkan. Padahal, bukan rahasia lagi bahwa mencari pekerjaan yang layak sangat sulit pada saat ini.

Berkaitan dengan hal yang telah dijelaskan di atas, Anda sangat disarankan menghindari beberapa kebiasaan buruk demi keselamatan karir di tempat Anda bekerja. Hal ini meliputi:

Datang terlambat
Banyak orang sering menyepelekan waktu dan datang terlambat. Seolah sudah menjadi budaya di negeri kita, terutama dalam dunia kerja. Ketika seorang karyawan terlambat ke kantor, mereka akan beralasan terkena macet di jalan kepada atasan. Segera hilangkan kebiasaan ini, karena Anda dianggap tidak niat bekerja. Coba berangkat dari rumah lebih pagi, sehingga Anda tiba di kantor tepat waktu.

Sering absen
Perilaku ini lebih parah dibanding datang terlambat, dimana karyawan sering tidak masuk kerja. Karyawan seperti ini selalu punya alasan untuk mangkir, dari rumah kebanjiran, kendaraan mogok, sakit (padahal sehat-sehat saja) dan lain-lain. Lambat laun, atasan Anda akan berpikir bahwa Anda hanya malas untuk pergi kerja dan muak dengan semua alasan Anda. Banyaknya absen bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Penampilan yang tidak rapi
Ditujukan khusus bagi kaum pria. Pasalnya, pria kerap mengabaikan faktor kerapian dalam berpakaian. Atasan tidak akan senang melihat penampilan Anda yang lusuh. Ingat, Anda datang ke tempat kerja yang menuntut kerapian, jangan samakan seperti di warung. Setrika pakaian Anda sehingga enak dipandang.

Teledor
Namanya manusia, pasti pernah berbuat kesalahan dalam bentuk apapun, terutama di dunia kerja. Hal ini sangat wajar dan dapat dimaklumi, karena tidak ada makhluk hidup yang sempurna. Namun bila Anda terus melakukan kesalahan yang sama, cepat atau lambat surat pemecatan akan dikirim ke meja kerja Anda.

Suka mengeluh
Ini adalah salah satu perilaku negatif yang tidak seharusnya Anda bawa ke tempat kerja. Apalagi Anda mengeluhkan tentang beban pekerjaan yang diberikan oleh atasan atau keluhan-keluhan lain. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda mulai berani membantah ketika ditegur atasan Anda. Buang jauh-jauh kebiasaan ini.

Tidak menyelesaikan tugas
Perusahaan tidak membutuhkan karyawan yang tidak bisa bekerja. Bila atasan sudah memberikan tugas kepada Anda, maka wajib Anda selesaikan sebaik dan semaksimal mungkin. Jangan menunda-nunda atau merasa berat untuk mengerjakannya. Sebelum rasa malas menghantui Anda, pikir lebih dulu bagaimana perusahaan telah bersusah payah menggaji Anda.**GP

Check Also

tempat wisata di ethiopia

Pesona Benua Hitam di Tanah Etiopia

Barangkali banyak dari Anda terheran dan bertanya-tanya ketika membaca judul artikel di atas terkait tempat …