Home / Men Scope / LOOKS / Kacamata Hitam, Tampil Gaya dengan Mata Terjaga

Kacamata Hitam, Tampil Gaya dengan Mata Terjaga

Kacamata hitam atau juga yang sering disebut sunglasses  dan digunakan sebagai pelindung mata dari sinar matahari, atau sinar ultraviolet (UV) kini memang sudah menjadi bagian dari gaya. Modelnya pun makin bervariasi. Dan perlu juga diketahui bahwa sinar matahari mengandung UV yang dapat membahayakan mata, karena bisa menyebabkan katarak.

kacamata hitam male indonesia
pixabay.com

Idealnya memang kacamata hitam dengan UV protection paling baik dikenakan. Saat menggunakan kacamata hitam, pupil kita akan melebar dan otomatis sinar akan lebih banyak masuk ke mata. Jadi bisa dibayangkan jika tidak menggunakan kacamata hitam dengan UV protection berapa banyak UV yang diserap oleh mata.

Kacamata hitam yang berkualitas bagus harus diproduksi dengan mengikuti standardisasi kesehatan berupa tes laboratorium. Maka saat Anda ingin membelinya dan akan digunakan juga pada keseharian untuk melindungi mata sekaligus bergaya, simak beberapa tips berikut:

  • Pilih kacamata dengan bentuk sesuai wajah.
    • Banyak yang berpendapat bentuk wajah oval adalah yang wajah dengan karakter terbaik. Dengan bentuk wajah ini Anda dapat bereksperimen dengan berbagai bentuk frame. Hindari kacamata hitam dengan tangkai menggantung.
    • Untuk Anda yang berwajah lancip dengan tulang pipi lebar dan dagu sempit serta dagu lancip, frame jenis retro adalah pilihannya. Dapat pula Anda memilih frame persegi untuk menyeimbangkan bentuk dagu.
    • Untuk wajah persegi panjang hindari bentuk frame yang memperlebar wajah. Kacamata hitam jenis aviator cocok dengan wajah persegi panjang ini.
    • Anda yang berwajah bulat ada baiknya menambahkan detail sebanyak mungkin. Buatlah pipi berkesan kurus dengan menggunakan frame yang sedikit lebar dari wajah. Kacamata hitam berbentuk menyiku bisa jadi pilihan utama.
    • Apakah wajah Anda berbentuk persegi dengan karakter rahang kuat serta pipi melebar? Frame berbentuk persegi dengan ujung-ujung tumpul dapat jadi pilihan utama. Selain itu jenis aviator sangat cocok Anda gunakan.
  • Pastikan kacamata yang Anda minati tedapat sticker UV 400  100% UV. Jika tidak ada, coba lihatlah ditangkainya, apakah tertera kode CE?
  • Mintalah kepada pihak optik untuk mengetes kacamata yang Anda sukai dengan lensa yang berubah warna (photochromik). Letakkan lensa tersebut dibawah kacamata hitam yang anda pilih, lalu sorot dengan UV lamp. Jika lensa tersebut berubah warna menjadi gelap maka bisa dipastikan kacamata hitam tersebut tidak mempunyai perlindungan terhadap sinar UV.
  • Pilih kacamata dengan lensa dengan tingkat kegelapan cukup, sehingga mata dapat melihat dengan nyaman dalam kondisi sangat terang. Hindari memilih lensa yang terlalu gelap.
  • Anda lebih banyak di luar ruang? Pilihlah kacamata hitam dengan warna lensa abu-abu atau kecoklatan.
  • Perhatikan lensa kacamata sebelum Anda membeli. Pastikan tidak ada goresan di permukaannya.
  • Jangan lupa mengecek apakah lensa sesuai dengan mata. Tataplah benda dengan pola simetris seperti ubin. Gerak-gerakkan kepala ke atas, bawah, kiri dan kanan. Jika garis ubin terseut terlihat lurus, itu artinya tidak ada masalah pada lensa kacamata tersebut.

Selamat berkacamata hitam dan bergaya! **MIND

Check Also

tempat instagramable

Keren dan Indah, Tempat Paling Instagramable di Dunia

Tempat instagramable di dunia begitu banyak. Karena di dunia ini penuh dengan tempat yang indah, baik …