Home / Men Scope / Hadapi Wawancara Kerja, Cermati 5 Hal Ini!

Hadapi Wawancara Kerja, Cermati 5 Hal Ini!

Mendapatkan tawaran pekerjaan impian Anda, tapi harus melalui fase wawancara kerja terlebih dahulu?, Memberikan tantangan kepada Anda untuk bisa memberikan jawaban dan performa meyakinkan kepada perusahaan bahwa Anda layak untuk bergabung.

wawancara kerja
pixabay.com

Meskipun begitu, terkadang untuk bisa mendapatkannya. Bukan hanya sebatas menghadapi, bertemu, dan menjawab pertanyaan pewawancara semampu Anda tanpa persiapan. Karena, pekerjan yang ditawarkan tersebut bukan kepada Anda saja.

Untuk itu, tampil lebih baik dibandingkan kandidat lainnya, membuka peluang lebih baik untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Teliti Lebih Jauh Soal Pekerjaan dan Perusahaan
Sebelum Anda akhirnya bertemu pewawancara, Anda sudah terlebih dahulu mengetahui tanggung jawab pekerjaan yang Anda inginkan.

Lalu untuk perusahaan, Anda setidaknya mengetahui perusahaan tersebut dengan baik, secara umum maupun mendetail akan memberikan poin plus untuk Anda bahwa lowongan pekerjaan yang diambil.

Biasakan Menjawab Pertanyaan Umum Seputar Pekerjaan dengan Baik
Selain pertanyaan mendetail terkait tanggung jawab pekerjaan, biasanya pewawancara akan menanyakan beberapa pertanyaan umum yang diberikan. Seperti visi dan rencana masa depan, atau harapan dalam karir Anda. Hal seperti ini terkesan sederhana, namun usahakan respon Anda mengalir secara natural sehingga terjalin komunikasi dua arah yang nyaman.

Berpakaian Menuju Kesuksesan
Bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Tampilan Anda dalam berpakaian yang rapih dan bersih, memberikan kesan awal yang positif. Dan jika bisa gunakan parfum dengan wangi lembut dan sebisa mungkin tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Datang Lebih Awal Sebelum Waktu Wawancara
Langkah ini menjadi upaya preventif dan memberikan waktu untuk Anda bersiap-siap. Waktu yang tersisa sebelum waktu wawancara kerja, bisa Anda gunakan untuk merapihkan penampilan hingga memeriksa dokumen penting yang perlu diberikan nanti.

Setidaknya jika ada yang kurang, Anda masih punya waktu untuk melengkapinya.

Perhatikan Sikap dan Perilaku Anda
Sebagai pelamar pekerjaan,  tidak hanya sebatas seberapa besar kemampuan dan skill Anda untuk perusahaan nantinya. Tapi karakter dan tingkah laku Anda memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan.

Upaya sederhana seperti murah senyum, ramah, dan body language yang sopan memperlihatkan bahwa Anda sosok yang percaya diri, dan dapat bekerja secara tim maupun individu. Meskipun begitu, diharapkan pula tetap menjaga diri agar tidak terkesan arogan, saat mempresentasikan diri Anda. **(DD)

_______________________

FOLLOW US  facebook1  twitter1  instagram2

Check Also

wanita rusia

Wanita Rusia Menyukai Pria Indonesia!

Wanita Rusia merupakan salah satu dari sekian banyak wanita di dunia yang dianugerahi kesempurnaan fisik. …