Home / Entertainment / 7 Film yang Mengusung Tema Jurnalis

7 Film yang Mengusung Tema Jurnalis

Unsur jurnalisme dalam sebuah genre film seperti romance, thriller, bahkan action pun memberikan efek berbeda saat ditonton. Di mana, dengan hadirnya unsur para pewarta ini menambahkan keseruan tersendiri dalam alur cerita.

Unsur jurnalisme dalam industri film, tak hanya memberikan pengetahuan bagaimana wartawan bekerja mencari sebuah berita, seperti investigasi, interaksi jurnalis dengan narasumber, dan lain sebagainya kepada masyarakat. Tapi juga, pengetahuan soal interaksi bahkan ada yang benar-benar menggambarkan dapur redaksi di sebuah media. Bagaimana mereka mengolah berita setelah peliputan di lapangan. Maka untuk Anda yang penasaran dengan kesibukan jurnalis, bisa menonton beberapa deretan film dengan unsur jurnalisme dalam genre film berikut:

Zodiac

unsur jurnalisme
Pembunuhan berantai di San Francisco Bay Area di tahun 60-an dan awal 70-an menjadi kisah yang diangkat oleh David Fincher. Pembunuh memberikan teka-teki kepada surat kabar San Francisco Chronicle terkait identitasnya. Kartunis San Francisco Chronicle, Robert Graysmith yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal mencoba merangkai teka-teki untuk menemukan identitas sang pembunuh. Ketertarikannya kepada simbol-simbol yang dikirimkan pelaku, membawa dirinya untuk menyelidiki kasus Zodiac.

Baca Juga: Sejarah Mencekam Perfilman Horor Indonesia

Film yang dirilis tahun 2007 mendapatkan ratting 7,7 dari IMBD. Film dengan unsur jurnalisme ini menggambarkan pilihan seorang wartawan yang masuk ke lingkarang berbahaya. Graysmith dipaksa memilih keluarga atau terus melanjutkan penyelidikannya. Hingga saat ini, kasus Zodiac masih menjadi teka-teki, walau Graysmith telah mendapatkan banyak informasi untuk membuktikan siapa Zodiac.

Almost Famous

unsur jurnalisme
Film ini merupakan cerita fiksi seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun bernama william. Meski fiksi, unsur jurnalisme dalam film ini begitu terlihat. Semenjak kecil, william begitu tergila-gila dengan musik rock. Karena kecintaannya itu, william memiliki cita-cita untuk bisa menjadi jurnalis rock.

Namun keinginan tersebut ditentang keras oleh kedua orang tuanya. Karena bagi mereka, pekerjaan tersebut sama sekali tidak memiliki masa depan yang jelas. Namun william tetap bersikukuh untuk bisa menjadi jurnalis rock. Kemampuan tersebut terus ia latih dengan menulis berbagai review band rock terkenal untuk majalah Rolling Stone di era awal 1970-an.

Citizenfour

unsur jurnalisme
Film dokumenter tentang Edward Snowden ini memang tidak mengangkat tokoh jurnalis sebagai penggerak plot. Tapi kerja jurnalis dalam cerita menjadi salah satu elemen paling penting.

Baca Juga: Gerbang Neraka: 3 Simbol dan Misteri Gunung Padang

Snowden menghubungi jurnalis The Guardian yang ia percaya untuk mengungkap kasus besar tentang pemerintah AS yang memata-matai warganya sendiri. Cerita bergulir saat Snowden bertemu para jurnalis, menceritakan temuannya dan berani ambil risiko besar karena mengikuti nurani.

All the President’s Men

unsur jurnalisme
Film ini mengisahkan tentang dua wartawan Washington Post yang melakukan investigasi skandal Watergate. Dibintangi Robert Redford, Dustin Hoffman, dan Jason Robards, film ini memenangkan tiga kategori Academy Awards dan menjadi film tentang jurnalistik terpopuler sepanjang masa.

Shattered Glass

unsur jurnalisme
Film ini terinspirasi dari artikel H.G Bissinger yang dimuat Vanity Fair pada September 1998 tentang karir jurnalistik Stephen Glass di The New Republic selama pertengahan tahun 90-an dimana kekacauan dunia jurnalistik diekspos secara transparan.

Nightcrawler

unsur jurnalisme
Seorang mantan pencuri yang mendokumentasikan segala peristiwa kecelakaan dan kriminal, lalu menjelma sebagai stringer, lalu melakukan sabotase dengan menjual kontennya ke media lain.

liputan yang maksimal membuatnya tak jarang merokindisi TKP dan melakukan cara-cara curang untuk menaikkan rating dan pamor acara TV. Dalam pekerjaannya ia tidak sendiri, ia ditemani oleh Rick dalam meliput. Polisi pun semakin mencuriga Lou karena tak jarang ia datang lebih dulu di TKP daripada polisi.

Spotlight

unsur jurnalisme
Film dengan unsur jurnalisme yang masih hangat adalah Spotlight. Film yang rilis tahun 2015 ini mengangkat kisah tim investigasi Boston Globe yang dinamai Spotlight. Tim Spotlight berusaha menyelidiki kasus pelecehan seksual di Gereja Katolik, yang melibatkan tokoh agama dan anak kecil.

Spotlight berhasil mengumpulkan informasi yang selama beberapa dekade ditutupi oleh pihak Gereja, polisi dan media. Film ini memperlihatkan juga pergulatan batin antara keyakinan yang dianut dan kebenaran. Seperti yang terjadi pada Sacha Pfeiffer, anggota tim investigasi yang merupakan seorang penganut taat, dia harus membongkar skandal yang melibatkan keyakinannya.

Film besutan Tom McCarthy ini memenangkan banyak penghargaan, salah satunya menyabet dua piala Oscar sebagai film terbaik dan naskah original terbaik. Tak hanya itu, situs IMDB memberikan ratting 8,1 untuk film yang diramaikan oleh beberapa bintang Hollywood, seperti Mark Rufallo dan Amy Adams. **

Check Also

Rocker Legendaris

Tom Petty, Perjuangan Keras Rocker Legendaris

September 2017 menjadi bulan terakhir rocker legendaris Tom Petty untuk bermusik. Tepatnya di Hollywood Bowl di …