Home / Entertainment / Shu Qi, dari Erotik ke Segudang Award

Shu Qi, dari Erotik ke Segudang Award

Georges Biard/wikipedia
Georges Biard/wikipedia

Ingat film aksi laga The Transporter yang dibintagi Jason Statham? Pasti anda terngiang dengan pemeran wanita oriental ber-body ramping dan berparas molek. Ya, dia adalah Shu Qi. Pemilik bibir yang menggoda yang terlibat adegan hot dalam film itu memang tak bisa lepas dari predikat “Hot Actress”.

Terlahir dengan nama Lin Li-hui, wanita berdarah Taiwan ini lahir pada tahun 1976 di Xin Dian District, New Taipei City. Pada usianya ke tujuh belas, ia hijrah ke Hong Kong untuk meniti karir di dunia film.” Sex & Zen II” dan “Viva Erotica”, adalah beberapa film erotik produksi 1996 yang membuatnya banyak dibicaraan. Dan di masa tahun ini akhirnya memang membuat Shu Qi lebih tenar sebagai aktris film bergenre erotik.

Tapi yang mengagumkan, pada film “Viva Erotica”-lah justru aktris ini mendapat gelar Best Supporting Actress pada ajang Hong Kong Film Awards tahun 1997. Dan sejak itulah ia mulai dilirik para produser film-film mainstream. “Gorgeous” (1998), “The Island Tales” (1999) dan “Millennium Mambo” (2000), adalah diantaranya. Lalu film fenomenal yang mendapatkan Piala Oscar, “Crouching Tiger, Hidden Dragon” ternyata juga menjadikan Shu Qi sebagai calon pemeran utama sebelum akhirnya diambil oleh Zhang Ziyi, karena sang manajer lebih memilih kontrak untuk pengambilan gambar iklan Coca Cola ketimbang film tersebut.

The Transporter, yang dirilis 2002 mau tak mau menjadi salah satu tonggak dimana aktris dengan senyum yang menggoda ini lebih melejit. Pada tahun 2005 pun pemilik akun di media sosial Weibo dengan followers lebih dari 30 juta orang ini memenangkan gelar Best Actress pada ajang Golden Horse Awards dalam film “Three Times”. Tak berhenti sampai disitu, pada tahun 2008 ia menjadi salah satu juri di ajang Berlin International Film Festival. Bahkan di tahun 2011 mendapat gelar “Outstanding Actress in Film” dari akting di film “Beautiful Life”.

Ya, langganan menjadi nominasi adalah prestasi Shu Qi yang tidak bisa dipungkiri. Hampir setiap tahun sejak 1996 ia selalu mendapatkannya. Tak hanya menjadi hot actress yang cantik dan sensual, tapi juga piawai berakting. Tak salah, jika pemeran legenda seniman bela diri wanita Nie Yinniang dalam film ” The Assasin” yang memenangkan “Best Director” di Festival Film Cannes 2015 ini, juga dipilih sebagai pemeran utama dalam remake film “My Best Friend’s Wedding” (2016) yang pada versi awal pernah diperankan oleh Julia Roberts. ** MIND (shuqi.org, dramafever.com, wikipedia)

Check Also

Ebiet_Featured

Eksklusifitas “Balada” Ebiet G. Ade

Musisi Ebiet G Ade sukses merampungkan konser teranyarnya yang bertajuk “Renungan Cinta untuk Indonesia” pada …