Home / Digital Life / Mencari Jodoh Online, Gunakan Akal Sehat!

Mencari Jodoh Online, Gunakan Akal Sehat!

Media online sudah menjadi teman sehari-hari bagi masayrakat modern. Segala aktifitas keseharian hampir semua bisa dilakukan via internet. Tak terkecuali mencari jodoh online bagi mereka yang masih menjomblo. Serbuan media sosial pun makin mendukung perilaku pencarian teman hidup ini. Situs-situs pertemanan menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan seseorang mendapatkan pendamping hanya dengan memantengi browser maupun gadget-nya.

mencari jodoh online

Tak bisa dimungkiri banyak juga yang terhebak ke dalam kegiatan prostitusi. Niat mencari jodoh online sering kali tergoda oleh tawaran-tawaran menarik lawan bicara yang menggoda. Nah, lalu bagaimana sebaiknya menggunakan keunggulan teknologi internet dalam usaha mendapatkan pasangan?

Tidak Asal Pilih
Untuk memilih situs jodoh online sebaiknya lakukanlah riset bterlebih dahulu. Periksalah kredibilitasnya atau bisa juga gunakan rekomendasi dari teman Anda agar dapat memilah-milah mana yang situs yang baik dan mana yang buruk. Banyak kasus yang mengungkapkan bahwa situs jodoh online justru mempraktikkan penipuan.

Amankan Akun
Jangan ragu mengambil langkah awal dalam mengamankan akun Anda. Baik akun dalam situs kencan atau mencari jodoh online, maupun media sosial. Password yang sulit adalah salah stu yang diperlukam. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar dan angka dengan pola acak.

Batasi Identitas
Anda juga harus membatasi identitas pribadi Anda. Tampilkan saja hal-hal bersifat umum seperti jenis kelamin, kota, dan usia. Untuk hal-hal yang lebih detail simpan dulu sebelum Anda benar-benar yakin dengan orang yang Anda ajak memulai interaksi.

Batasi Penggunaan Foto dan Video
Ada baiknya Anda sejak awal sudah membatasi penggunaan foto dan video pribadi. Perlu diingat, dalam mencari jodoh online lewat situs kencan maupun media sosial Anda belum begitu mengenal siapa lawan bicara Anda. Lain halnya jika Anda menghubungi teman lama, dan itupun tetap harus dibatasi dalam hal pengiriman foto dan video bersifat pribadi untuk menghindari penyalahgunaan.

Tidak Mudah Percaya
Cobalah berpikir realistis. Jangan sampai Anda terlalu mudah percaya terhadap profil seseorang yang Anda prospek untuk menjadi teman kencan. Telusuri dulu kredibilitas seseorang dengan coba mengajak berinteraksi lebih dalam sehingga akhirnya Anda tahu siapa dia sebenarnya. Kalau tidak cocok, segera putuskan komunikasi dengan memblokir akses ke akun Anda.

Jangan Terburu-buru
Hanya karena merasa menemukan calon yang tepat, lalu Anda langsung mengajaknya berkomitmen? sebaiknya tidak. Jalani dulu perlahan-lahan agar Anda dan dia saling mengetahui, saling mengerti satu sama lain.

Hati-hati Penipuan
Waspadalah terhadap gaya-gaya penipuan baru, termasuk melalui situs kencan atau mencari jodoh online. Banyak yang terperosok karena terbujuk lawan bicara hingga akhirnya dimintai uang dalam jumlah besar. Ingat, jangan terburu nafsu, kendalikan diri Anda dengan tetap berakal sehat. **MIND

Check Also

cyberbully

Mengerikan, Dampak Cyberbully Merusak Mental!

Dampak Cyberbully¬†tidak boleh dianggap ringan. Sebagai tindakan yang semakin marak dilakukan seiring pentingnya peran dunia …