Home / Digital Life / Koneksi Internet Tercepat di Dunia Ada di Asia

Koneksi Internet Tercepat di Dunia Ada di Asia

Berbagai negara terus bersaing dalam menyandang koneksi internet tercepat di dunia. Selain berhubungan dengan bisnis dan perekonomian, kecepatan internet menjadi salah satu faktor krusial dalam mendukung gaya hidup masa kini. Apalagi teknologi ponsel sudah semakin cepat sehingga bisa mendorong penggunaan internet di berbagai dunia.

internet tercepat
Photo by Muhammad Raufan Yusup on Unsplash

Bahkan, di dunia serba digital seperti hari ini. Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan pada setiap lini usaha sampai kebutuhan setiap individu masing-masing negara.

Meski begitu kecapatan internet di berbagai belahan dunia berbeda-beda. Ada yang memang sudah mumpuni dengan kecapatan luar biasa dalam mengakses layanan berbasis internet, ada pula sebaliknya.

Menurut data fastmetrics, tahun 2017 secara keseluruhan, kecepatan internet rata-rata di seluruh dunia meningkat 28,57 persen. Dari 5,6 Mbps pada 2015 menjadi 7.2Mbps pada tahun 2017 ini. Lalu siapa negara yang mememiliki koneksi internet tercepat di dunia?

Korea Selatan sejak 2016 mendukuku peringkat pertama sebagai negara yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia, dengan kecepatan 29 Mbps. Luar biasanya, 63 persen dari koneksi internet di negeri Kpop ini terhubung dengan kecepatan di atas 15 Mbps.

Kemudian, 80 persen dari koneksi tersebut, memiliki rata-rata lebih cepat dari 10 Mbps. Artinya, hampir dua kali lipat rata-rata kecepatan internet seluruh dunia. Jadi saat Anda mendownload 1GB file, bisa selesai hanya dalam waktu 1 menit saja.

Selain itu, Korea Selatan juga negara pertama yang menyelesaikan upgrade dari internet dial-up ke broadband sejak 2005 lalu. Dalam arti harfiah, broadband adalah berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.

Sebelumnya, proses akses internet dilakukan secara dial-up dan dinyatakan sangatlah lambat, faktornya adalah karena berbenturan dengan saluran telepon. Karena kesibukan telpon itulah akses internettetap sibuk.

Selain itu, menurut PCMag, Korea Selatan memiliki koneksi internet tercepat karena perencanaan pemerintah yang lebih baik, sehingga koneksi internet di seluruh negeri mengalami perubahan secara dramatis.

Pasar ISP Korea yang kompetitif telah menyebabkan tingkat layanan yang luar biasa bagi pengguna. Di kota Cheongju, kecepatan internet rata-rata untuk warga 124.5Mbps standar. Selanjutnya, rencana internet 1Gbps tersedia di Korea Selatan untuk hanya $ 20 USD.

Lebih serius soal koneksi internet tercepat, Korea Selatan sejak 2014 sudah menganggarkan USD 1,5 miliar untuk menerapkan jaringan 5G. Keseriusan itu dilakuakn untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Percobaan jaringan 5G akan dilakukan bertahap, paling awal pada tahun depan, dan implementasi penuh direncanakan berlangsung pada tahun 2020. Pemerintah Korea Selatan juga mengklaim bahwa para operator dan vendor teknologi seperti Samsung dan LG siap mengambil manfaat dari penerapan jaringan 5G tersebut.

Bisa dikatakan, Korea Selatan menjadikan Asia sebagai raja koneksi internet tercepat di dunia. Lalu negara manaja saja yang berada di urutan setelah Korea Selatan tahun 2017? Berikut listnya:

internet-cepat

**(SS)

Check Also

bisnis di instagram

Mau Berbisnis di Instagram? Coba Alternatif Berikut

Menjalankan bisnis di Instagram, bisakah diterapkan? Tepat sekali. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa di era …