Home / Digital Life / Penyesalan Bill Gates Pada Windows

Penyesalan Bill Gates Pada Windows

Bill Gates menyesal dengan keputusannya untuk sebuah kombinasi keyboard pada Sistem Operasi Windows miliknya sendiri. Meski baru diutarakannya, jutaan orang di dunia kadung menggunakan dan telah terbiasa dengan kombinasi keyboar yang dia putuskan itu.

Bill Gates menyesal
TNS Sofres

Bagi pecinta Windows, tentu mengagetkan saat Bill Gates menyesal dengan keputusannya sendiri. Penyesalan pendiri Microsoft itu terkuak saat penggalangan dana Harvard. Di mana David Rubenstein (Co-Chair harvard) bertanya terkait kombinasi tombol Crtl+Alt+Del.

“Mengapa ketika saya ingin mengaktifkan perangkat lunak dan komputer, saya harus melakukannya dengan tiga jari, yaitu Ctrl+Alt+Del?” tanya Rubenstein kepada orang terkaya nomor satu itu. “Siapa yang membuat ide tersebut?” tanya Rubenstein lanjut.

Gates mengaku penggunaan tombol Ctrl+Alt+Del di OS Windows untuk mengaktifkan komputer adalah sebuah kesalahan. Gates lalu mengatakan bahwa login dengan menekan kombinasi tiga tombol seharusnya bisa lebih mudah seperti yang diadopsi di Mac oleh Apple.

Gates menuding kesalahan terletak pada IBM dan mengatakan dia lebih suka jika hanya satu tombol saja yang digunakan. “Kita bisa menggunakan satu tombol, namun orang yang membuat papan ketik di IBM tidak mau memberikan kita satu tombol,” kata Gates.

Kombinasi Ctrl-Alt-Del memang dibuat oleh Insinyur IBM, David Bradley. Namun pada awal 1990-an, Ctrl+Alt+Del menjadi populer sebagai cara cepat untuk mengaktifkan kembali komputer jika tampilan layar di komputer terhenti atau komputer tiba-tiba mengalami freeze.

Namun, dalam sebuah wawancara terpisah, Bradley mengaku ingin menggunakan Ctrl+Alt+Esc. Namun hal itu urung dilakukan karena akan membuat pengguna bingung jika diletakkan di sisi kiri. Bahkan pengguna bisa saja tak sengaja me-reboot komputer.

Dalam perayaan 20 tahun IBM, Bradley mengatakan walau dia yang menemukan, tetapi Bill Gates yang membuat tombol Ctrl-Alt-Del terkenal. Sebagian orang tetap yakin bahwa tiga tombol itu sebagai pilihan yang tepat.

“Saya merasa bahwa justru satu tombol yang akan menjadi kesalahan,” ujar seorang pendukung Bradley di situs internet Reddit.

Meski Boll Gates menyesal, nyatanya Tombol yang awalnya dirancang untuk reboot komputer itu masih tetap dipertahankan di sistem operasi Windows 8 untuk fungsi task manager dan dalam versi yang lebih lama juga untuk mengaktifkan komputer. **SS

Check Also

bisnis di instagram

Mau Berbisnis di Instagram? Coba Alternatif Berikut

Menjalankan bisnis di Instagram, bisakah diterapkan? Tepat sekali. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa di era …