Home / Digest / Yang Muda di Era Milenial: Potret Generasi Muda Indonesia

Yang Muda di Era Milenial: Potret Generasi Muda Indonesia

Sebuah photo exhibition bertajuk “Yang Muda di Era Milenial” menjadi pameran yang berbeda dari seorang fotografer fesyen, Riop. 85 Foto anak muda dari berbagai profesi berhasil diabadikannya.

IMG20171004161718 (800 x 800)

Uniknya di setiap foto terdapat jawaban pertanyaan dari Riop terkait rasa cinta kepada Indonesia. “Apa yang membuat dirimu merasa sebagai orang Indonesia dan berjiwa Indonesia?”

Selain itu, proyek fotografi ini juga berawal dari keinginan Riop untuk meningkatkan kepedulian generasi muda tentang identitas diri mereka sebagai orang Indonesia.

“Saya juga dulu merasakan kriris saat sekolah di luar negeri. Tetapi teman-teman saya di sana memberikan kesadaran kepada saya, bahwa Indonesia ini unik dan kaya. Culture yang luar biasa. Dan membuat saya bangga kepada negara ini,” tutur dia, di Plaza Indonesia.

Dalam pameran fotonya kali ini, Riop mengaku semua foto yang terpajang itu bukanlah pilihan dirinya, melainkan pilihan dari setiap model yang ada dibidiknya. “Bukan pilihan saya, semua pilihan modelnya. Dan semua itu juga hasil dari candid,” tuturnya kepada MALE Indonesia.

Riop sendiri memiliki visi dalam fotonya untuk memperlihatkan bahwa semangat Sumpah Pemuda masih sangat tinggi terlihat pada kaum muda di Indonesia, walaupun terkadang mereka sendiri tidak menyadarinya.

Ketika Riop mengerjakan proyek ini, dia menemukan bahwa di era sekarang ini, para kaum muda lebih berfokus pada cara memajukan bangsa dengan cara mereka masing-masing.

Hal ini, kata Riop, adalah suatu hal yang cukup luar biasa. Setelah 89 tahun berlalu dan era di mana banyak kebudayaan luar yang berdatangan dengan kemasan budaya pop yang jauh lebih menarik dari budaya lokal tetapi semangat dan keyakinan untuk memajukan Indonesia tetap sama.

Pameran foto ala Riop ini digelar di area Plaza Indonesia Level 4 yang berlangsung sepanjang bulan Oktober ini. Dengan memiliki kesamaan visi, Riop menggandeng Plaza Indonesia dan berharap agar pameran foto tersebut dapat menginspirasi kaum muda lainnya. ** (SS)